Vran
Vran
Does FPL, ranked OR 3202 in 18/19 | Loves making Excel Spreadsheets

Pedoman untuk tidak memulai FPL dengan petaka

Pedoman untuk tidak memulai FPL dengan petaka

Guide ini bisa dibagi jadi 4 bagian besar:

  1. 5 Prinsip dasar memulai musim FPL
  2. Membuat player pool pemain yang aman
  3. Menentukan struktur tim
  4. Memilih pemain dari player pool dan struktur tim

1. 5 Prinsip dasar memulai musim FPL

  1. Kamu ga bisa memenangkan FPL di awal musim, tapi kamu akan sangat susah menang di akhir musim kalau poin kamu amburadul di awal musim.
  2. Harga pemain sangat fluktuatif di awal musim, jadi sangat besar kemungkinan kamu untuk mendapatkan dan kehilangan uang.
  3. Kemungkinan rotasi di awal musim relatif kecil dibandingkan waktu-waktu lain
  4. Musim baru mulai! kamu belum mengejar dan dikejar siapapun! Oleh karena itu tidak ada gunanya untuk memakai pemain differential yang beresiko tinggi.
  5. Kamu punya senjata Wildcard pertama. Jangan takut untuk menggunakannya ketika keadaan tim kamu tidak sesuai yang direncanakan.

2. Membuat player pool pemain yang aman

Poin ini dapat di ringkas menjadi: NO PUNTS/DIFFERENTIAL/ANTI-MAINSTREAM!

Mungkin kalian berpikir bahwa karena adanya Wildcard , maka waktu yang paling tepat untuk mengambil resiko dengan pemain punt atau differential. Jadi kalau pilihan pemainnya pada gagal, kalian bisa reset pakai Wildcard. Namun ini adalah pemikiran yang salah karena:

a) Walaupun wajar saja menggunakan Wildcard di awal musim, menggunakannya saat GW2 & GW3 karena pilihan awal tim kamu amburadul sangat lah tidak efisien karena kamu tidak memiliki informasi yang cukup untuk memilih tim baru yang lebih baik. Sia-sia jadinya Wildcard pertama kamu

b) Seperti yang dijelaskan di poin 1.b, harga pemain di awal musim sangatlah fluktuatif kalau pemain punt kamu performanya ternyata jelek, siap-siap kehilangan 0.1m.

c) Waktu yang paling buruk untuk kehilangan 0.1m dari budget kamu adalah di awal musim. Kenapa? karena di awal musim budget kamu sangatlah terbatas dan juga sebagian besar pemain harganya masih bulat kelipatan 0.5 (5, 5.5, 6, 6.0, dst). Kalau kamu kehilangan 0.1m dari budget kamu di awal musim, kamu tidak bisa membeli pemain 6.0, harus turun kelas jadi 5.5. Artinya kehilangan 0.1m sama efeknya dengan kehilangan 0.5m 🤯.

Jadi bagaimana caranya untuk memilih pemain yang “aman” di awal musim?

Buka http://fpl.co.id/players, lalu Eliminasi/filter pemain-pemain berikut dari pool pemain yang akan kamu pilih:

a) Eliminasi pemain yang bukan pemain inti atau pemain yang rawan rotasi. Di awal musim bukan saatnya untuk menaruh uang kamu di bangku cadangan untuk sebagai cover. Hal ini dikarenakan di budget kamu paling kecil ketika di awal musim, oleh karenanya lebih baik semua budget kamu difokuskan ke starting 11. Pemain inti hampir pasti akan selalu bermain. Ingat poin 1.c, rotasi paling kecil kemungkinan terjadi ketika di awal musim.

b) Eliminasi pemain yang sedang cidera atau punya sejarah rawan cidera

c) Eliminasi pemain yang punya sejarah tidak bermain di awal musim karena pertandingan internasional atau tidak ikut preseason (ingat kemaren baru saja selesai CONMEBOL, dan AFCON masih berlangsung). Namun tidak semua pemain yang ikut turnamen internasional/tidak ikut pre-season perlu di eliminasi, lihat sejarah mereka.

d) Eliminasi pemain yang musim lalu tidak bermain full di satu tim yang sama (pindah klub atau naik dari akademi di pertengahan musim). Mereka adalah pemain yang kita tidak tahu bagaimana performa mereka di tim tersebut selama satu musim penuh.

e) Eliminasi pemain dari tim promosi. Kamu tidak tahu apakah pemain-pemain dari liga nomor 2 itu bisa beradaptasi dengan Premier League atau tidak. (Bye-bye Norwich, Sheffield dan Villa). Pengecualian untuk poin ini apabila pemain promosi kamu gunakan untuk bench yang gabut/bench fodder.

3. Menentukan Struktur Tim

Untuk menentukan struktur tim dapat dibagi menjadi:

  • pemain inti (starting 11) + bench GK, dan
  • 3 pemain bench lainnya

🚶‍♂️🚶‍♂️🚶‍♂️TIM INTI🚶‍♂️🚶‍♂️🚶‍♂️

sumber: http://fpl.co.id/sumber/mathsafe

Untuk menentukan struktur tim inti (+bench GK) saya akan mencoba menjelaskan hasil analsis dari Peter Blake:

  1. Peter melakukan analisis menggunakan metode Machine Learning dengan data statistik Liga Inggris selama 5 tahun ke belakang untuk mencari posisi mana yang meberikan value for money terbaik

  2. Peter membagi posisi pemain FPL menjadi 5: GK, MID, FWD, Attacking Defender dan Defending Defender. Memisahkan DEF menjadi 2 kategori. Attacking Defender adalah DEF yang rasio touch ada di depan garis kickoff lebih besar dari 18% (pada dasarnya bermain sebagai full-back). Sedangkan Defending DEF adalah DEF yang di dunia nyata tugasnya lebih banyak diam di belakang garis kick-off

  3. Berikut adalah hasil grafik Value per Money berdasarkan 5 posisi tersebut yang didapat oleh analisis Peter selama 5 musim FPL.

    Blake

    Sumbu X = Harga Pemain Sumbu Y = Poin Pemain

    Dalam bahasa sederhana, semakin besar gradien (kecuraman) garis suatu posisi maka value for money di posisi tersebut makin besar.

Bila posisi pemain FPL diurutkan berdasarkan Value For Money terbaik akan menjadi:

  1. Attacking DEF memberikan value for money terbaik. Jadi disarankan investasi besar disini. Kalau punya dana lebih sedikit, juga disarankan dimasukkan untuk membeli Attacking Defender.

  2. Defending DEF yang murah poinnya paling sulit diprediksi. Disarankan kalau mau punya Defending Defender sekalian yang premium (co: Laporte, VVD) dibandingkan yang murah (co: Duffy, Dunk, Ake)

  3. MID Premium (≧10m) punya poin rata-rata tertinggi selama 5 musim berturut-turut, jadi invest di pemain ini wajib. MID yang middle range (5.5m-7m) juga perlu diawasi baik-baik karena ada banyak pemain di pool tersebut yang bisa berpotensi jadi pemain yang mendulang point tinggi.

  4. GK Premium (≧5.5m) lebih sensitif (kalau fixture bagus, poin bagus, kalau fixture jelek, poin jelek) dibandingkan kiper yang lebih murah. Menurut kesimpulan Peter, 2x Kiper 4.5m memberikan value for money dan fleksibilitas terbaik.

  5. FWD jadi posisi yang paling merugikan untuk di investasikan, walaupun FWD Premium (≧10m) terbukti bisa memberikan poin yang besar juga. Biasanya ada beberapa FWD murah yang bisa memberikan value for money lebih bagus dibandingkan FWD premium. Investasi di area ini tidak terlalu disarankan

🐒🐒🐒PEMAIN CADANGAN🐒🐒🐒

Untuk pemain cadangan, karena budget kita di awal musim paling terbatas, uang di bangku cadangan harus seminimal mungkin. Ngapain kamu bayar mahal-mahal bayar pemain tim inti yang jelas aman tapi punya bench yang kuat di saat rotasi lagi jarang-jarangnya.

Buang-buang duit adanya.

Jadi pemain cadangan bisa dibagi jadi 3 strata dengan fungsi masing-masing:

1) Bench pertama: Yang bisa diandalkan untuk mendapatkan 2 points (bermain ≧60 menit) ketike starting 11 kita berhalangan main diluar dugaan. Max investasi 0.5m

2) Bench kedua: kalau pemain ini juga bisa diandalkan main ≧60 menit alhamdulillah, tapi tidak harus. Jarang sekali kemungkinan kamu butuh bench ke-2. Investasi 0m

3) Bench ketiga: pemain ini tidak akan pernah main sama sekali di tim kamu. Namun fungsi bench ketiga ini sangat penting; jangan sampai harganya turun sampai Desember (ketika kamu akan membenahi bench karena di periode Desember rawan rotasi). Oleh karena itu idealnya bench ketiga ini diisi oleh pemain yang cidera panjang, dipinjamkan, atau bahkan yang akan di jual di dunia nyata. Investasi 0m

Perlu juga diingat, batas pemain dari tiap tim total 3 pemain. Jadi untuk pemain cadangan kamu yang cuma gabut (no.2 dan no.3), pilih pemain dari tim yang kamu tidak mau pakai di masa depan. Jangan sampai kejadian pas di pertengahan musim terus kamu mau transfer pemain masuk ternyata slot ke-3 tim tersebut sudah dipake sama bench kamu, apes banget.

Contoh: kalo slot bench nya dipake untuk FWD 4.5 Surridge. Kalo tengah jalan mau punya Fraser-King-Wilson jadi ga bisa karena slot Bournemouth satu dimakan Surridge.

4 Memilih Pemain

Akhirnya sampai di tahap terakhir. Kamu sudah punya pool pilihan pemain “aman” dan kamu juga sudah tau bagaimana struktur tim yang disarankan oleh analisis statistik selama 5 musim sebelumnya. Saatnya pilih pemain!!!

Untuk memilih pemain pada dasarnya ada 2 hal yang perlu dipertimbangkan: FIXTURE dan FORM.

  1. Pilih tim yang memiliki FIXTURE bagus sampai kamu berencana akan melakukan wildcard pertama kamu (biasanya antara GW6-GW10). Dengan merencanakan kapan kamu akan melakukan Wildcard kamu akan lebih mudah untuk menilai tim mana yang fixturenya bagus di rentang waktu tersebut. Kamu bisa gunakan FDR (https://www.premierleague.com/news/783106) untuk menentukan Tim mana yang jadwalnya bagus , seperti yang pernah dijelaskan oleh Master sebelumnya.

  2. Dari Tim-tim yang fixturenya bagus ini, saatnya cari pemain yang FORM nya bagus dari tim tersebut. Namun bagaimana caranya? Saatnya saya menjelaskan teori lain lagi yang bernama Talisman Theory (Teori Ujung Tombak)

    🎯🎯TEORI UJUNG TOMBAK🎯🎯

    sumber: http://fpl.co.id/sumber/talisman

Konsep/Teori Ujung Tombak pada dasarnya adalah kamu sebaiknya membeli pemain yang menjadi ujung tombak suatu tim dibandingkan pemain-pemain lain di tim tersebut, karena pemain ujung tombak kemungkinan memiliki poin FPL lebih besar dibandingkan pemain-pemain lain di penghujung musim.

Bagaimana cara kita menemukan pemain-pemain ujung tombak di musim ini? Untuk tim GW1 yang bisa kita lakukan hanyalah melihat pemain-pemain yang akhirnya menjadi ujung tombak musim lalu. Walaupun ujung tombak musim lalu tidak jadi jaminan mereka akan jadi ujung tombak lagi di akhir musim 19/20, teori ini masih valid untuk memilih pemain di awal musim.

Kamu bisa melihat tabel pemain ujung tombak dan pemain ke-2 dan ke-3 dari setiap tim FPL yang sudah saya buat di fpl.co.id/tools/talismans

Kamu bisa menggunakan tabel tersebut untuk memilih pemain ujung tombak dari tim yang fixturenya kamu anggap bagus sampai kamu Wildcard.

Penutup

Jadi kalau diringkas step untuk memulai FPL tanpa petaka adalah:

  1. Buat player pool/daftar pemain yang aman dan jelas akan main.
  2. Ketahui soal struktur tim berdasarkan value for money selama 5 tahun terakhir.
  3. Bench jangan mahal mahal, awal musim hampir tidak ada rotasi, duit buat starting 11 (+ rotasi GK) aja.
  4. Tentukan tim mana yang fixturenya menarik sampai GW8 (atau kapan kamu rencana Wildcard pertama)
  5. Kalau bisa, pilih pemain ujung tombak dari tim-tim yang sudah kamu tentukan di tahap 4

comments powered by Disqus